Hallo Anantha

Listen to “Statistik”

Posted on: April 18, 2008

Dua hari yang lalu saya mengikuti dua mata kuliah yang berbeda. Dari kedua mata kuliah tersebut, saya mendengar sebuah kata yang cukup menyelenting telinga saya. Statistik. Saya juga bingung mengapa secara kebetulan kata tersebut diucapkan oleh kedua dosen mata kuliah tersebut. Ya sebuah kata yang mungkin acap kali didengar. Tapi kali ini menyelenting telinga saya.

Salah satu dosen mengaitkan kata statistik dengan suatu sistem politik dan tata kota. Beliau menyebutkan, dengan statistik seorang petinggi kota bisa tahu apa yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kotanya. Sebagai contoh mengenai perkiraan subsidi kesehatan rumah sakit. Seorang petinggi kota dapat memperkirakan berapa besar alokasi dana yang dikeluarkan melalui data penduduk, baik itu yang mampu atau yang tidak. Hal ini menjadikan alokasi dana tepat guna.

Dosen yang kedua mengaitkan statistik dengan penelitian – penelitian. Beliau menceritakan mengenai penelitian yang dilakukan di Sungai Nil. Penelitian tersebut dilakukan untuk mencari pola banjir yang diakibatkan oleh sungai Nil. Awalnya semua orang mengatakan “hanya Tuhan yang tahu” tapi penelitian tersebut tetap saja dilakukan. Alhasil walaupun membutuhkan waktu yang lama ( bisa sampai berabad – abad juga kalau mungkin ) ditemukanlah pola banjir tersebut. Dari situ beliau berkata ” Oleh karena itu penelitian apa pun dengan statistik dilakukan untuk meramalkan kejadian yang mungkin terjadi pada masa yang akan datang “.

Beliau mengatakan juga ilmu statistik itu penting. Waduh..😦 padahal saya udah lupa ama ilmu statistik. Apalagi waktu ngambil kuliahnya cuman dapet nilai minim😀

6 Responses to "Listen to “Statistik”"

Wakakak… nilai statistik saya pun bak clurit atau bulan sabit! huek huek
(Yang dapet menara segitiga cuman 3 orang, waktu itu… sial! )

@coro
Idem lah bro😀

*aku juga mengucap kata itu di komen postingan sebelumnya😀 *

Probstat ? Hahaha.. gw dah ‘advance’ bro.. 9 sks gituh..

halo salam kenal nih…
aku dulu statistik lolos *bukan lulus* wkkk wkkk

salam kenal,,statistik memang memusingkan.he3x

Leave a Reply

Pages

April 2008
M T W T F S S
« Mar   May »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  

My !Yahoo

BLUPAPER.com

Community

Amateur Radio Club ITB

Balikpapan blogger


KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog
Indonesia
Personal blogs

Peta-Pengunjung

RSS ComputerWorld

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

RSS NetworkWorld

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

RSS InfoWorld

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.
