Hallo Anantha

Profesionalisme (admin mahasiswa)

Posted on: September 28, 2007

Profesionalisme..
Bisa dibilang ini adalah tolok ukur untuk setiap individu dalam mengerjakan
tugasnya. Orang – orang akan semakin percaya ketika individu – individu
profesional menyelesaikan tugas dengan baik. Bahkan mungkin pula ada
penghargaan khusus bagi individu profesional tersebut, entah itu berupa
penghargaan fisik atau penghargaan non fisik. Individu – individu profesional
mampu menghasilkan pekerjaan yang sempurna, baik itu secara hasil maupun
secara proses.

Untuk menjadi seorang individu profesional tidaklah mudah. Dalam melakukan
profesinya, setiap individu pasti mengalami berbagai macam masalah. Masalah
– masalah itu dapat berupa masalah pekerjaan maupun masalah selain
pekerjaan. Dapat dikatakan, masalah timbul dengan sendirinya dalam
kehidupan setiap individu. Individu yang profesional mampu menangani
masalah dengan tidak mencampuradukan masalah. Sebagai contoh,Sun Tzu
berani menghukum anaknya sendiri ( yang menjadi kepala prajurit ) yang gagal
dalam menjalankan latihan perang. Satu prinsip strategi perang ditunjukkan
langsung oleh Sun Tzu di hadapan para prajuritnya. Bahwa dalam perang tidak
ada hak istimewa bagi keluarga atau anak jenderal. ( dikutip dari
http://www.pembelajar.com ).
Hal ini menunjukkan keberanian Sun Tzu untuk
tidak menghiraukan permasalahan lain dalam memecahkan permasalahan yang
satu ini.

Profesionalisme admin mahasiswa menjadi dilema pada banyak kasus. Admin
mahasiswa kini menjadi tren tersendiri, terutama di kampus – kampus. Harga
yang murah, tingkat keinginan yang masih tinggi, serta mudah menyesuaikan
menjadi nilai plus bagi mahasiswa. Kedua pihak merasa diuntungkan, baik itu
mahasiswa karena dapat belajar lebih, maupun kampus tidak perlu meng-hire
pegawai administrator jaringan yang notabene lumayan mahal. Hal ini membuat
mahasiswa merasa “senang sementara”. Tanggung jawab – tanggung jawab
yang diberikan dianggap sebagai suatu penghargaan lebih dalam kehidupan
mahasiswa.

Tetapi hal ini berubah seiring dengan meningkatnya permintaan dari pihak
atasan akan suatu hal. Mulai dari pekerjaan yang enteng – enteng sampai
pekerjaan yang sangat menyita waktu. Hal ini membuat waktu untuk kuliah
mahasiswa menjadi terbengkalai. Alhasil, lulus terlambat, nilai jadi amblok dan
lain sebagainya.

Mahasiswa tidak dapat menyalahkan antara profesinya sebagai admin maupun
posisinya sebagai mahasiswa pada umumnya. Profesionalisme mahasiswa
dalam hal ini dipertanyakan. Sebagai mahasiswa, individu tersebut wajib
melakukan segala bentuk pengajaran. Bolos kuliah, tidak mengerjakan
pekerjaan rumah, tidur di kelas merupakan contoh yang salah dalam sistem
pengajaran yang salah. Hal ini banyak dialami oleh beberapa admin mahasiswa,
tentunya tidak semua. Sebagai admin mahasiswa, individu tersebut melakukan
tugasnya untuk mengurusi jaringan, mengatasi masalah jaringan, mengatasi
masalah klien. Hal ini merupakan suatu pekerjaan yang menyenangkan
sekaligus mampu meng-upgrade kemampuan skill dan pengalaman mahasiswa.
Walaupun pihak atasan tidak memaksa mahasiswa untuk melakukan setiap
tugas sebagai admin mahasiswa, admin mahasiswa terus berupaya untuk
memberikan yang terbaik pada atasan. Mungkin ini dikarenakan harga diri dan
keinginan menyelesaikan masalah yang ada pada admin mahasiswa.
Tetapi terkadang ada mahasiswa yang berkata “Mana profesionalisme mu
sebagai mahasiswa?”. “Lihat tuh IP mu!”. “Ngapain kalian begituan?”
Hahaha.. bagi saya ini ga jadi masalah. Toh yang penting saya senang. Tetapi
nggak sedikit juga mahasiswa lain yang ngomong “Ajarin gua donk”. “gimana
ya caranya jadi admin”. “Min mau tanya …”Yah.. kalimat ini yang tentunya
menjadikan admin mahasiswa menjadi bangga.😀

Untuk profesionalisme dari sisi mahasiswa dan pekerjaan admin mahasiswa intinya adalah pengaturan waktu dan keberanian bersikap tegas. Hal ini membuat profesionalitas mahasiswa dan admin mahasiswa menjadi jelas dan tidak saling mengganggu.

Sekian.

Terima Kasih.

-nanta-

7 Responses to "Profesionalisme (admin mahasiswa)"

Ta, nek posting sadurunge koyok tugas kuliah, iki kok koyok surat ae, ana sekian, terima kasih, plus jenengmu pisan ^___^

ahahaha
enak lu ngomong gini
ip lo bagus sih
wakakakakaka😆

mas nanta mas nanta, ajarin caranya biar jadi admin dong

:p

@reza

wah rez.. yo jeneng baru belajar nulis..

hehehe…

@fajar
Opo?? IP ku yo elek crut..
Lek apik koyo reza neng jepang ak..hahaha :))

@arif

Halah.. Sekti kon maw.. ajari ak donk..

(ngopi kata2 Maw:) mas nanta mas nanta, ajarin caranya biar jadi admin dong!
haha…
So sweet…:)
Salute buat para admin yang bisa mengorbankan waktu untuk belajar, pacaran, maen2-nya! Pasti itu sangat berguna, kawan!🙂

mas admin,
kau anomali ya,IP apik koq😀

Kalo mau jadi admin berstatus mahasiswa yang sukses, salah satunya contohlah Nanta😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Pages

September 2007
M T W T F S S
« Aug   Oct »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930

My !Yahoo

BLUPAPER.com

Community

Amateur Radio Club ITB

Balikpapan blogger


KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog
Indonesia
Personal blogs

Peta-Pengunjung

RSS ComputerWorld

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

RSS NetworkWorld

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

RSS InfoWorld

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.
%d bloggers like this: