Hallo Anantha

Multivendor VS Singlevendor

Posted on: September 19, 2007

Menurut saya, penggunaan Multivendor dalam sistem informasi sangat bermanfaat. Setiap vendor memiliki kelebihan masing – masing, baik itu dari segi software maupun hardware. Hal ini membuat penggelar sistem informasi harus lebih berpikir secara tepat untuk memilih vendor mana yang akan digunakan dalam sistemnya. Sehingga sistem yang dibuat dapat menghasilkan hasil yang sempurna. Dengan menggunakan multivendor, diperlukannya suatu tenaga riset untuk memilih penggunaan vendor mana saja yang akan digunakan. Walaupun sedikit susah untuk integrasi setiap vendor, tetapi telah banyak terdapat standarisasi yang digunakan untuk membuat vendor – vendor dapat terintegrasi.

Sebagai contoh penggelaran proyek infrastruktur telekomunikasi, dimana orang familiar dengan produk cisco. Hal ini dikarenakan produk cisco memiliki sertifikasi penggunaan dan produk yang berkualitas. Hal ini mengakibatkan banyaknya SDM yang menguasai produk dari cisco sehingga memudahkan dalam pembangunan infrastruktur internet. Tetapi ada juga produk lain seperti Juniper yang katanya memiliki pemrosesan paket yang sangat cepat. Belum lagi produk dari vendor yang lain seperti Infinera, Alcatel dan lain – lain. Begitu juga halnya dengan pemilihan software yang terbangun untuk server ataupun utilitas alat – alat perusahaan.

Dari pengalaman saya kerja praktek di suatu perusahaan telekomunikasi, ketika suatu vendor ingin menawarkan produknya untuk digunakan dalam infrastruktur jaringan dalam perusahaan tersebut, diperlukan adanya testing dan trial. Hal ini membuat setiap vendor yang ingin memenangkan tender berjuang mati – matian. Sehingga selain persaingan yang fair, pihak perusahaan mendapatkan keuntungan juga untuk mengeksplorasi sistem yang telah dibuat oleh masing – masing vendor.

Jadi penggunaan multivendor dalam pengembangan sistem menurut saya sangat bermanfaat baik itu dari segi vendor sehingga semakin memperbaiki kualitas produknya maupun dari sisi customer untuk dapat menghasilkan performa dan kualitas servis yang terbaik.

4 Responses to "Multivendor VS Singlevendor"

bahasane kok koyok arep digawe tugas kuliah yo?😀

kya kya kya.. mas nanta keren banget :”>

kya kya kya.. cinta mas nanta deeee

emang tugas kuliah ini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Pages

September 2007
M T W T F S S
« Aug   Oct »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930

My !Yahoo

BLUPAPER.com

Community

Amateur Radio Club ITB

Balikpapan blogger


KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog
Indonesia
Personal blogs

Peta-Pengunjung

RSS ComputerWorld

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

RSS NetworkWorld

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

RSS InfoWorld

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.
%d bloggers like this: