Hallo Anantha

Belajar Genggaman Raket Bulutangkis

Posted on: April 14, 2008

Akhir – akhir ini saya menjadi lumayan suka dengan olah raga yang bernama bulutangkis. Terima kasih buat temen – temen kampus yang sering mengajak saya main bulutangkis. Awalnya saya cuman suka nonton pertandingan bulu tangkis. Bahkan bisa dibilang saya agak jarang bermain bulu tangkis. Padahal di depan rumah saya yang di kampung ada lapangan bulu tangkis. Gratis pula kalo main di situ. Sayang sekarang dah jadi kos – kosan. :(
Dalam tulisan ini mari kita belajar sedikit mengenai teknik bermain bulu tangkis yaitu teknik memegang raket bulu tangkis ( Gripping ) yang benar. Teknik ini saya pelajari dari teman saya yang jago banget main badmintonnya, Ari Kuncoro.
Dalam bermain bulu tangkis, memukul shuttle cock sebenarnya tidak ditentukan oleh seberapa kuat anda mengayunkan tangan, tetapi ditentukan oleh pegangan raket dan gerakan tenaga pergelangan tangan. Kesalahan yang sering dilakukan adalah genggaman raket. Hal ini menjadikan pukulan kurang efisien dan juga menguras tenaga.
Genggaman raket pada saat forehand dan backhand berbeda. Berikut gambaran mengenai teknik gripping.

Gambar Posisi Genggaman Raket Forehand

Gambar Posisi Genggaman Raket Backhand

Ketika memukul shuttle cock, kita harus tahu kapan akan akan menggunakan gripping backhand dan kapan akan menggunakan gripping forehand. Memang awalnya susah. Saya juga sampai saat ini belum bisa. Tapi menurut teori, jika kita berhasil melakukannya maka pukulan kita akan semakin efisien alias keras dan tidak menguras tenaga. Percaya ga percaya ?? Buktiin aja sendiri. :p ( gambar dan materi diambil dari http://www.bulu-tangkis.com )

41 Responses to "Belajar Genggaman Raket Bulutangkis"

Ow.. belajar teknik genggam-menggenggam ya?
saya juga ada referensi..
Sodara pasti tahu maksud saja.. ;)

saya baru mau belajar, apa benar teknik ini berkesan

“Teknik ini saya pelajari dari teman saya yang jago banget main badmintonnya, Ari Kuncoro.”

Kya-kya… ada pujian bwt saya pula…:) Padahal buanyak yang lebih jago daripada saya!

bagi2 donk cara teknik main bulutangkis, dan cara smash yang kuat.

hobi bulutangkis ya ? :)

@Coro
Ak kan banyak belajar dari kowe Cor

@Elys Welt
Baru akhir – akhir ini doank :D

Wah ternyata ngaruh juga ya cara pegang dan efisiensi. Kalo aku dulu sih asal maen aja. Ya cuma sekedar have fun aja, jadi gak penting menang kalah :) hehehe..
Tapi sekarang dah gak pernah sama sekali.

Makacih ya masss…!!
bravo bul.kis indonesia..!!!!

bedane opo de
au ora dong.. forehand backhand kok gak ono bedane…

thanks y dah pd sk bulu tangkis

tenks…

betuk tuh gua pertama maen udah pake cara gituan……..
pukulan sya pasti kenceng pdhl tubuh sya tdk trlalu besar…….
klo mw bukti coba aja……..

Mas,..punya ga gambar yang sekaligus nampilkan posisi kepala raket terhadap posisi grip kita? Thanks.

aku tertarik untuk main bulutangkis karna dari segi keuangan aku merasa telah mencukupi, tapi aku meraa diri ini sangat haus akan ilmu. Disamping aku sering latihan aku juga sering bertandng dengan orang yang lebih propesional, wlau aku menang atau kalah itu bagi aku biasa saja, hanya ingin menjadi profesional.

aku juga hobi main bulu nangkis, memang yang paling penting genggaman tangan saat bermain. Usahakan menggenggam seperti berjabat tangan atau ada juga teknik baru, usahakan menggenggam raket seperti menggenggam terong, atau seperti menggenggam timun, atau sikat cuci, dijamin lawan akan bingung dengan arah serangan bola kita, pokoke pukulan kita bakalan nipu banget, silahkan dicoba!

salam dari aneuk aceh….
huebat euii…
i luv badminton…
ada g persatuan pemain bulutangkis amatir???…
gabung yok….
kita buat turnamen antar pemain amtir gitu loch….

waduhh!!!

klo gt slama ini aku slah cr pgang rket blu tangkis

waaaaaaaaaduuuh kena apa ????????????? hehehehehe :D

Wah sip nih … belajar dari awal biar ngk salah kaprah … Orang kalo ngk ngerti cara dan teorinya, masak aer aja bisa gosong … kwik…kwik…kwik…

Salam
AksanRaharjo

lebih mudah dimengerti kalau Frame / kepala raket ditampilin mas tks.

wakakakakkaa

kenapa baminton gak di shooting sperti sepak bola

Aku kan sering main raket , tapi power ku sangat lemah dan mengembalikan bola selalu nanggung padahal genggaman sudah kaya jabat tangan , seolah2 baru bisa belajar gtu?

waw..!!
i like 2 play badminton..!!

Thanks ya infonya….

Saya paling hobi main bulu tangkis tapi sampai sekarang masih belum bisa backhand, kalau backhand ga bisa jauh.

aq sering latihan ,,,,,tapi knapa yaa pukulan backhand ku kurang keras???????

makasih, atas pemberitahuan caranya dan trikya, semoga berguna bagi semua orang , dan juga aku supaya bisa megalahkan musuhku. hahahaha………….thank’s very much :D :D

Kayaknya susah juga….tuh..
sudah di coba, tp masih mengalami kesulitan.
bisa gak gambarnya juga meperlihatkan posisi kepala raketnya.

trims mas…

thanks infonya………..
tapi sayang gk kelihatan frame raketnya, jd agak susah nerapinya

aku seneng llebvih lengkap lagi ok

aku seneng lebih lengkap lagi ok.cara megang pukulan jadi lebih keras gimana ….

Aku uwdhc latihan di Surya Perdana ithu di jl.Hos cokroaminoto yang sebelahxa toko risky di situ aku belajar banyak hal……seru bgt

cra brmain bulutangkis itu tdk mdah qo….cra mlwan msh 1.kita lihat kelemahan musu 2.brmain hrs konsentrasi…..

terima kasih ya udah diksh tau cara genggaman raket yg benar tp klo nyoba lngsng bisa gak yach?

teknik kelincahan skil

aku ska bngt badminton,,,,,cma aku masih guoblok,,,mainya,,,tpi ya klo tngkt RT lumyn …heee,,hhee

Terima kasih atas informasinya,jangan lupa mampir di http://www.motogp.unsri.ac.id

Leave a Reply

Pages

April 2008
M T W T F S S
« Mar   May »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  

My !Yahoo

BLUPAPER.com

Community

Amateur Radio Club ITB

Balikpapan blogger


KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog
Indonesia
Personal blogs

Peta-Pengunjung

RSS NetworkWorld

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

